Industri Manufaktur Di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sektor industri cukup berkembang. Ini bisa dilihat dari banyaknya rakyat Indonesia yang bekerja pada sektor industri. Selain itu di Indonesia ada beberapa kawasan industri terpadu yang cukup besar. Salah satunya berada di Cikarang. Memang tak semua industri manufaktur di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Tapi apakah Anda sudah tahu jenis industri manufaktur apa saja yang sedang berkembang di Indonesia? Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Garmen

Garmen merupakan industri manufaktur yang sangat berkembang di Indonesia. Garmen ini memproduksi beberapa jenis produk. Seperti tekstil, pakaian ataupun kain mentah. Ada beberapa alasan mengapa industri garmen cukup berkembang di Indonesia. Diantaranya:

• Biaya produksi industri garmen di kaasan Indonesia sangat murah.
• Untuk mendapatkan tenaga pekerja garmen juga mudah. Karena di Indonesia ada banyak tenaga kerja yang terampil.
• Pekerja Indonesia juga mampu menyelesaikan pekerjaan garmen dalam waktu yang lebih cepat.

Itulah beberapa alasan mengapa industri garmen di Indoensia yang bisa berkembang pesat. Bahkan tiap waktu industri garmen ini terus saja bertambah.

Pangan

Pangan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus terus dipenuhi. Tak heran beberapa jenis Industri manufaktur yang ada di Indonesia berasal dari sektor pangan. Industri manufaktur pangan di Indonesia mengolah berbagai macam hasil tani ataupun kebun. Setelah diolah, hasilnya akan dipasarkan ke dalam negeri ataupun di ekspor ke luar negeri. Contoh produk pangan yang sudah diekspor adalah mie instan, kopi dan sebagainya. Sekarang ini bahkan ada juga beberapa industri manufaktur pangan dari Indonesia yang sudah membuka cabang ke negara lain. Hal ini tentu saja menunjukkan jika industri pangan ini benar-benar berkembang. Beberapa pabrik industri pangan ini bisa ditemukan dengan mudah di kawasan industri resmi di seluruh Indonesia.

Elektronik

Industri manufaktor bidang elektronik juga tak kalah berkembang di Indonesia. Bahkan beberapa industri manufaktur ini adalah milik merk-merk elektronik besar. Ada beberapa jenis industri elektronik yang berdiri di Indonesia. Pertama adalah hanya merakit komponen yang dikirim dari pabrik aslinya. Sedangkan yang kedua adalah memproduksi hingga merangkai komponen tersebut. Barang elektronik ini biasanya dijual di dalam negeri tapi ada juga yang dipasarkan hingga ke luar negeri. Adanya industri elektronik ini ternyata mampu mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia.

Selain beberapa jenis industri diatas, ada juga beberapa jenis industri manufaktur di Indonesia lainnya yang tak kalah berkembang. Misalnya indsutri manufaktur logam, bahan kimia dan sebagainya. Jika ingin tahu lebih jelas, silahkan saja cek pada BKPM. Baik secara langsung ataupun melalui official website BKPM. Demikian ulasan ini semoga bisa menambah informasi dan pengetahuan Anda.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *