Belanja Pakaian Bayi yang Hemat

cara merawat kulit bayi

Kadang kita tidak merasa kalau ternyata telah menghabiskan banyak uang untuk membeli pakaian bayi. Budget sudah terlanjur habis sedang perlengkapan lain belum dibeli. Akhirnya kita harus menambah biaya untuk belanja lagi. Sebenarnya hal seperti ini tidak perlu terjadi kalau kita dapat mengatur belanja dengan tips berikut ini.

Buat Daftar Belanja

Pertama kita harus membuat daftar belanja untuk keperluan persalinan. Mulai dari perlengkapan bayi, keperluan menyusui, kebutuhan ibu, dan keperluan lain-lain. Buatlah daftar belanja secara detail dengan membuat point-point. Point besar untuk perlengkapan tersebut adalah pakaian buah hati, perlengkapan ibu melahirkan, perlengkapan mandi bayi, keperluan menyusui.

Mari kita buat detail dari masing-masing point. Dimulai dari baju bayi yang sangat diperlukan. Anda harus menuliskan popok bayi, baju, kaos dalam, sarung tangan dan kaki, topi bayi, bedong, selimut, alat menggendong atau selendang, handuk bayi, dan celana bayi. Jangan lupa mencucinya dulu dengan sabun Rinso.

Selanjutnya kita akan membuat detail kebutuhan ibu yang akan melahirkan. Dimulai dari baju hem untuk melahirkan, selendang atau jarik, baju ganti, handuk mandi, sabun dan perlengkapan mandi, minyak kayu putih, beberapa camilan untuk menemani persalinan Anda.

Selain pakaian bayi, kita juga harus menyiapkan alat mandi bayi. Buah hati yang baru dilahirkan memerlukan sabun, shampo, minyak telon, bedak, lotion, bak mandi, washlap dan handuk. Agar lebih praktis, hendaknya membeli semua keperluan tersebut dalam satu paket.

Sekarang kita butuh perlengkapan yang mendukung proses menyusui. Kalau Anda belum berpengalaman dalam hal menyusui, sebaiknya lakukan perawatan dan latihan sejak dini. Anda butuh baju menyusui, pompa ASI, botol susu lengkap, dan bantal untuk menyangga.

Hitung Perkiraan Pengeluaran

Nah, dari semua daftar yang ada, sebaiknya dikalkulasikan berapa uang yang harus dikeluarkan. Jika masih kurang, Anda bisa menghapus keperluan yang tidak penting seperti pompa ASI, bantal menyusui, dan lotion bayi. Anda juga bisa meminjam baju bayi dari saudara atau teman dekat yang bisa dipakai lagi seperti selendang, bedong bayi, dan bak mandi.

 

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *